Cara Membuat Aplikasi - Panduan Lengkap


Kamu seorang pelaku bisnis online yang memiliki sebuah ide menarik untuk membuat aplikasi android atau IOS dan berusaha untuk merubah ide tersebut menjadi bisnis online yang berpotensi untuk menghasilkan uang maka artikel ini merupakan kunci jawaban untuk semua permasalahan yang kamu hadapi sekarang. 

Cara Membuat Aplikasi Android

Bagaimana Membuat Aplikasi Android atau IOS


Kamu pasti sempat berpikir untuk menyewa developer atau programmer dalam mewujudkan ide kamu namun hal ini akan sangat beresiko karena kami akan membeberkan beberapa app building program (Program Pembuat Aplikasi) di luar sana untuk mewujudkan visi kamu dan yakinlah dengan beberapa rencana dan metode kerja maka cara membuat aplikasi android akan tidak serumit yang kamu bayangkan selama ini.

Cara Membuat Aplikasi Android - Langkah 01. Set Goal Kamu!


Jauhi diri kamu dulu dari teknologi, ayo ambil pensil dan kertas lalu definisikan apa tujuan yang ingin kamu selesaikan. Starting point dalam pengembangan sebuah aplikasi handphone adalah dengan sebuah pensil dan kertas, bukan dengan coding atau mendesain. Tanya dan jawab pertanyaan-pertanyaan di bawah ya:


  • Apa yang kamu inginkan dari aplikasi itu lakukan?
  • Bagaimana cara kamu membuat aplikasi itu menarik di mata pengguna?
  • Masalah apa yang bisa ia selesaikan?
  • Bagaimana aplikasi tersebut dapat mempermudah hidup orang -orang?
  • Bagaimana cara kamu memasarkan aplikasi yang kamu buat?

Cara Membuat Aplikasi

Kamu tidak akan pernah bisa sukses dalam apa pun bisnis jika kamu tidak bisa mendefinisikan goal atau tujuan utama dari bisnis yang kamu kerjakan! krisis visi dan misi akan membuat kamu dan pekerja kamu nantinya frustrasi. Sebelum kamu memulainya maka tulis dengan jelas apa yang ingin kamu selesaikan. 


Cara Membuat Aplikasi - Langkah 02. Sketsa Ide-ide Kamu.


Tidak! Kamu masih tidak boleh menghidupkan komputer dulu, ya. Sekarang kamu membutuhkan pensil dan kertas yang memiliki jawaban atas pertanyaan-pertanyaan dari tujuan aplikasi tersebut dalam mengembangkan sketsa tentang seperti apa bentuk dari aplikasi itu. Pada langkah ini mari kamu keluarkan semua ide-ide kamu ke dalam bentuk visual dari pikiran-pikiran kamu. 

Putuskan apakah kamu ingin aplikasi tersebut bisa di download secara gratis dengan menawarkan iklan google adsense untuk menghasilkan uang atau justru aplikasi ini sebagai download yang berbayar. Kamu bisa memilih pilihan tersebut dengan menawarkan aplikasi tersebut di pembelian aplikasi. Jika hal itu yang kamu inginkan maka buatlah sketsa tentang ide-ide tersebut, ya.


Cara Membuat Aplikasi Android - Langkah 03. Lakukan Penelitian.


Sekarang kamu sudah bisa menghidupkan kembali komputer kamu namun bukan untuk mendesain aplikasi ya tapi untuk melakukan penelitian sehubungan dengan aplikasi yang ingin kamu buat. Kamu harus benar-benar menggali tentang kompetisi berhubungan dengan ide aplikasi kamu. Ketika kamu menelitinya pasti kamu akan dihadapi dengan dua pilihan; pertama seseorang telah memiliki ide aplikasi tersebut dan kedua kamu tahu aplikasi dengan ide tersebut sudah ada namun kamu bisa membuatnya menjadi lebih baik dan kami sangat menyukai pilihan kedua jadi please jangan berputus asa jika kamu berada di posisi tersebut, ya.

Kamu harus membaca review atau ulasan aplikasi yang sama dengan ide aplikasi yang ingin kamu ciptakan nanti. baca-baca dengan seksama tentang apa yang mereka tidak suka dan suka dari aplikasi tersebut. Lalu gunakan informasi tersebut sebagai keuntungan kamu. Kembali lagi mengambil pensil dan kertas dari langkah pertama dan kedua lalu benahi dan sesuaikan ide ide aplikasi kamu sebagaimana informasi yang telah kamu dapatkan saat membaca review tersebut.

Setelah membaca dan me-modifikasi, riset Kamu perlu sedikit mengalihkan fokus. Saatnya untuk memanfaatkan kekuatan internet. Apakah aplikasi Kamu merupakan ide yang benar-benar layak? Di sini Kamu akan memeriksa pembatasan hak cipta dan kemungkinan penangguhan teknis. Langkah ini sangat penting karena akan menghemat uang Kamu dalam jangka panjang. Kamu tidak dapat bergerak maju dan menghabiskan waktu untuk ide yang tidak akan berhasil. Temukan gangguan apa pun, dan temukan berbagai cara di sekitarnya, (Ingat saya tidak mengatakan untuk menyerah— “satu ons pencegahan ..”) sehingga Kamu tidak perlu mundur.

Selanjutnya, ubah fokus riset Kamu ke penjualan dan pemasaran. Renungkan kembali sketsa Kamu tentang bagaimana Kamu akan menghasilkan uang dengan aplikasi Kamu. Apakah Kamu akan tetap dengan ide orisinal Kamu, atau apakah Kamu akan mengubahnya? Apa niche Kamu? Apakah Kamu memasarkan ke remaja, orang tua, anak-anak, guru, pelancong, gamer? Tentukan target audiens itu segera. Ini akan membantu Kamu mempersempit ide desain-nya.

Cara Membuat Aplikasi Android
Cara Membuat Aplikasi Android

Setelah Kamu kelelahan keterampilan berpikir ke depan, Kamu dapat memulai hal-hal yang menyenangkan. Mulai mencari ide desain. 99design adalah sebuah karya besar untuk memeriksa ide-ide desain yang baru dan inovatif. Jelajahi dan lihat apa yang cocok untuk Kamu. Ingatlah target audiens Kamu saat memeriksa desain. Daya tarik visual sangat penting untuk produk akhir Kamu.

Setelah Kamu kelelahan keterampilan berpikir ke depan, Kamu dapat memulai hal-hal yang menyenangkan. Mulai mencari ide desain. 99design adalah sebuah karya besar untuk memeriksa ide-ide desain yang baru dan inovatif. Jelajahi dan lihat apa yang cocok untuk Kamu. Ingatlah target audiens Kamu saat memeriksa desain. Daya tarik visual sangat penting untuk produk akhir Kamu.


Cara Membuat Aplikasi Android - Langkah 04. Wireframe 


Di dunia teknologi, wireframe adalah papan cerita yang dimuliakan. Di sinilah kamu mengambil sketsa dan ide desain kamu, dan kamu memberi ide kamu sedikit lebih jelas dan fungsional. Ini akan menjadi fondasi untuk pengembangan aplikasi kamu, jadi itu benar-benar merupakan langkah penting. Ada tumpukan situs web wireframing yang dapat kamu gunakan untuk membantu kamu membawa sketsa kamu ke dunia digital dengan fungsi seperti klik dan ikon. Triknya adalah menemukan yang kamu sukai dan ia sangat mudah untuk digunakan.

cara membuat aplikasi


Cek beberapa alat wireframing di bawah ini ya:


Cara Membuat Aplikasi - Langkah 05. Mulai Menetapkan Bentuk Akhir Aplikasi



Kami tinggalkan dengan wireframe Kamu, jadi pada titik ini dalam pengembangan aplikasi Kamu, Kamu memiliki storyboard tentang bagaimana Kamu ingin aplikasi berfungsi. Sekarang saatnya menggunakan papan cerita untuk mulai memeriksa fungsi.

Menggunakan wireframe Kamu, Kamu perlu menggambarkan server, API, dan diagram data Kamu. Ada beberapa pembangun aplikasi do-it-yourself hebat yang dapat memberi Kamu alat untuk melakukan hal ini dengan mudah. Bahkan beberapa dari mereka melakukannya untuk Kamu. Jika Kamu tidak jelas tentang arti jargon teknis ini, Kamu mungkin harus menggunakan layanan yang menyediakan hosting dan sarana pengumpulan data tentang penggunaan aplikasi Kamu.

Terlepas dari metode apa yang Kamu pilih untuk mengembangkan aplikasi Kamu, adalah penting bahwa diagram yang jelas dibuat karena mereka akan berfungsi sebagai petunjuk untuk semua orang yang bekerja pada proyek Kamu. Jika Kamu mengalami kesulitan teknis, Kamu harus merevisi wireframe Kamu untuk mencerminkan perubahan apa pun.

Silakan Periksa Layanan Di Bawah Ini:


Cara Membuat Aplikasi - Langkah 06. Periksa Model Aplikasi


Di sinilah Kamu perlu memanggil pasukan. Tunjukkan demo Kamu kepada teman, keluarga, dan siapa saja yang bersedia memberi Kamu kritik membangun. Jangan buang waktu Kamu dengan orang-orang yang akan memberi tahu Kamu, "Wow, itu rapi." Carilah orang-orang yang sinis dan kritik. Kejujuran brutal sangat penting pada fase ini.

Jangan takut untuk proses ini disaat mereka memeriksa demo Kamu untuk menonton bagaimana mereka menavigasi berbagai hal. Jika Kamu perlu memperbaiki salah satu tata letak atau jalur navigasi, lakukan. Selalu ingat pengguna Kamu, dan coba ikuti pemikiran mereka, bukan pikiran Kamu sendiri.

Tujuan akhir Kamu dengan langkah ini adalah menyelesaikan struktur dan fondasi aplikasi Kamu. Kamu perlu membuat otak dari aplikasi ini bekerja sebelum Kamu mulai melakukan desain sebagai menghindari frustrasi nanti dalam prosesnya.



Cara Membuat Aplikasi - Langkah 07. Saatnya Membangun


Dengan fondasi yang kokoh, Kamu sudah bisa menempatkan teka-teki dalam membangun aplikasi Kamu. Pertama, pengembang Kamu akan menyiapkan server, basis data, dan API Kamu. Jika Kamu menggunakan pembuat aplikasi do-it-yourself yang berkualitas, ini akan dilakukan untuk Kamu. Jangan lupa untuk merefleksikan umpan balik yang Kamu dapatkan dari para penguji Kamu sebelumnya. Ubah fungsi aplikasi sesuai dengan informasi yang diperoleh dari fase pengujian pertama Kamu.

Pada titik ini, maka saatnya untuk mendaftar ke took aplikasi. Kamu harus membuat akun Google Play dan Apple. Mungkin diperlukan beberapa hari untuk menjalani proses, jadi jangan menunda langkah ini. 

Setelah itu jangan lupa mendaftar ke admob yang merupakan landasan bisnis mengapa kamu membuat aplikasi android dan IOS. Pelajari lebih lanjut cara mendaftar admob, ini salah satu bisnis online yang boleh menguntungkan kamu dimana iklan layanan google bisa ditampilkan di aplikasi kamu.

Lihat platform Pembuat aplikasi di bawah ini:



Cara Membuat Aplikasi - Langkah 08. Reka Bentuk Aplikasi


Sekarang waktunya menggunakan desainer untuk membuat UI Kamu, antarmuka pengguna. Antarmuka pengguna adalah bagian yang sangat penting dari aplikasi Kamu karena orang tertarik dengan bagaimana hal-hal terlihat dan betapa mudahnya mereka menavigasi. 

Melalui proses desain, Kamu perlu menyimpan feedback (umpan balik) yang Kamu peroleh dari para penguji, dan Kamu perlu memastikan desain dan navigasi mencerminkan feedback yang Kamu peroleh. Bagaimana cara mendesain aplikasi tersebut?

Jika Kamu menyewa desainer grafis untuk aplikasi Kamu, Kamu perlu mendapatkan layar yang menarik secara visual berdasarkan wireframe Kamu, untuk aplikasi Kamu.

Jika Kamu menggunakan editor WYSIWYG, Kamu harus memilih template dan tata letak untuk layar Kamu sendiri. Saya akan menekankan lagi, perhatikan umpan balik pengujian saat mengembangkan tampilan aplikasi Kamu. Kamu membangun untuk pengguna, bukan untuk Kamu!

cara membuat aplikasi

Silakan lihat Agensi Desain Aplikasi di Bawah ini:



Cara Membuat Aplikasi - Langkah 09. Uji Lagi Aplikasi Kamu!


Putaran pengujian kedua sangat penting. Di babak ini, Kamu akan memiliki aplikasi yang berfungsi sekaligus antarmuka pengguna untuk diuji. Semua layar aplikasi Kamu seharusnya berfungsi dengan baik pada saat ini, dan aplikasi Kamu juga harus menarik secara visual.

Kamu perlu menjalankan serangkaian tes pada aplikasi Kamu dalam bentuk yang telah selesai untuk memastikan bahwa tampilan dan nuansa aplikasi memenuhi harapan Kamu. Proto.io dan Pixate adalah platform hebat untuk menguji aplikasi Kamu. Kedua program ini akan memungkinkan Kamu menambahkan tautan yang dapat diklik untuk menavigasi aplikasi Kamu. Mereka akan membantu Kamu memeriksa lapisan terakhir, interaksi, dan desain aplikasi Kamu juga. Kamu dapat menggunakan informasi yang Kamu peroleh dari fase pengujian ini untuk membantu Kamu bergerak maju.

Kamu mungkin bertanya, "Bukankah saya melakukan ini dengan bingkai gambar saya?" Jawabannya adalah, "Yah,." Meskipun ini mungkin tampak mirip dengan wireframe Kamu, itu jauh lebih detail. Gambar rangka Kamu hanyalah kerangka aplikasi Kamu. Pada titik ini, aplikasi Kamu harus baik secara estetika maupun fungsionalnya.



Cara Membuat Aplikasi - Langkah 10. Ubah dan Sesuaikan


Kamu telah mengambil prototipe untuk mendapatkan giliran, dan Kamu telah belajar bahwa masih ada beberapa perubahan yang perlu Kamu lakukan. Sekarang setelah Kamu melihat aplikasi Kamu dalam bentuk yang berfungsi penuh, Kamu perlu memanggil pasukan kembali dan meminta mereka untuk melakukan hal yang sama.

Mintalah orang yang sama yang melihat aplikasi Kamu dalam fase pengembangan untuk memeriksanya dalam fase pengujian juga. Sekali lagi, buka diri Kamu untuk kritik membangun, dan gunakan umpan balik yang sesuai. Terakhir, minta pengembang dan desainer Kamu untuk membuat perubahan apa pun yang menurut Kamu akan bermanfaat bagi aplikasi Kamu.


Cara Membangun Aplikasi - Langkah 11. Pengujian Beta


Kamu telah melihat aplikasi Kamu melalui beberapa lensa yang berbeda, dan Kamu pikir Kamu telah berhasil mengembangkan aplikasi pemecahan masalah yang berfungsi dengan lancar, estetis, dan memuaskan. Sekarang, Kamu perlu memeriksa bagaimana aplikasi Kamu akan berfungsi di lingkungan hidup.

Android membuat proses ini sederhana, sementara iOS suka menyimpan segala sesuatu dalam lingkungan yang terkendali. Ada banyak pro dan kontra untuk kedua pendekatan itu, tetapi intinya adalah Kamu harus melompat melalui satu lingkaran terakhir. Kamu cukup mengunggah file aplikasi di perangkat Android apa pun dan mengujinya di lingkungan hidup. Mulai saat ini dalam proses pengembangan aplikasi Android Kamu, Kamu dapat memantau kemajuan aplikasi Kamu dari perangkat Kamu.

iOS mengharuskan Kamu menggunakan platform yang disebut TestFlight untuk menguji aplikasi beta. Apple cukup teliti dengan petunjuk dan instruksi dalam menggunakan platform uji beta. Fitur hebat untuk opsi pengujian beta ini adalah Kamu dapat mengundang penguji untuk meninjau aplikasi Kamu sebelum mengambilnya langsung. Ini adalah lensa pengguna lain yang melaluinya Kamu dapat melihat aplikasi Kamu.

cara membuat aplikasi



Cara Membuat Aplikasi - Langkah 12. Luncurkan Aplikasi Kamu


Kamu berhasil mencapai garis finish. Kamu telah mewujudkan ide Kamu, dan langkah terakhir adalah membaginya untuk dunia. Semoga, Kamu terus memecahkan masalah besar. Jika tidak, semoga aplikasi Kamu memiliki beberapa fitur yang dapat menyederhanakan atau membawa kesenangan bagi kehidupan seseorang. Apapun itu, Kamu telah mencapai sesuatu yang besar. Sekarang saatnya mendistribusikannya!

Android dan iOS, sekali lagi sangat berbeda berkaitan dengan aplikasi pemasaran. Jika Kamu tetap menggunakan bisnis ini, Kamu akan melihat sebuah pola yang muncul — Android sedikit kurang ketat. Sekali lagi, ada pro dan kontra untuk kedua pendekatan tersebut, tetapi sebagai pengusaha aplikasi, Kamu perlu mempelajari aturan untuk keduanya.

Kamu cukup menambahkan aplikasi Kamu ke toko android. Itu tidak akan segera ditinjau. Kamu akan langsung menjual aplikasi Kamu di Google Play store. iOS, di sisi lain, akan meninjau aplikasi Kamu sebelum dapat ditayangkan. Meskipun tidak ada kerangka waktu yang ditetapkan untuk tim Apple meninjau aplikasi Kamu dan menayangkannya di App Store, Kamu dapat memperkirakan sekitar satu minggu menunggu.

Jika kamu belum mendaftar akun admob maka saatnya kamu melakukannya agar kamu bisa bekerja sama dengan google adsense. Ini adalah langkah terakhir dari bisnis online membuat aplikasi. 

cara membuat aplikasi

Jika Kamu khawatir tentang penerimaan aplikasi Kamu ke perangkat pengguna, Kamu juga dapat mempublikasikannya di Pra-Aplikasi. Ini adalah peluang besar untuk membuat aplikasi Kamu dilihat oleh orang-orang yang suka melihat ide-ide baru terlebih dahulu. Perlu diingat, orang-orang ini selalu meninjau ide-ide yang akan datang, jadi umpan balik mereka bisa sangat bagus untuk Kamu. Mereka akrab dengan #trendingapps, jadi saya menyarankan untuk mengambil langkah ekstra ini.

Kamu harus ingat bahwa Kamu masih harus menjual aplikasi Kamu. Hanya karena aplikasi Kamu sudah tayang di Google Play dan App Store bukan berarti Kamu akan mulai menghasilkan jutaan rupiah. Pemasaran adalah suatu kewajiban. Sayangnya, pemasaran tidak bisa ditambahkan ke panduan ini sebagai "Langkah 13". Ia punya beberapa langkah tersendiri. Jadi, sekarang setelah Kamu tahu cara membuat aplikasi, saya menyarankan Kamu untuk mulai meneliti strategi pemasaran aplikasi sehingga Kamu dapat mengubah dunia dengan satu aplikasi dalam satu waktu! Selamat mencoba dan semoga sukses.

Jika jatuh cinta dengan artikel ini jangan lupa untuk berbagi kepada dunia dan sekiranya kamu memiliki sebarang pertanyaan maka segera tanyakan di kolom komentar. Berlangganan bersama kami untuk artikel terbaru lainnya dan sampai jumpa lagi di kesempatan yang berbeda. 

Komentar